Jumat, 05 Juli 2013

selamat jalan, emak!

dan, saya lunglai sesaat menerima kabar rabu pagi itu.
bapak mengabari bahwa emak sudah tiada di selasa, 2 juli 2013 pukul 23:35.
sejenak saya berpikir. itu adalah waktu ketika saya mem-posting artikel saya tentang emak yang bertepatan dengan kematiannya.
sebuah firasat air mata mungkin.


baiklah. kenyataannya tetap sama bahwa saat itu saya fixed sudah ditetapkan sebagai seorang anak lelaki yang sudah tak memiliki emak dan engkong lagi. ok deal. saya terima.

dan saya tak tahu bagaimana perasaan bapak saat itu. yang kedatangannya di rumah emak terlambat 1 jam tak sempat menyaksikan hari terakhir emak. bapak bercerita bahwa ia sempat membisikkan ucapan selamat jalan pada emak. mendengar itu sungguh saya merasa sedikit pahit.

semua sudah nyata. sekujur tubuh dalam pembaringan tersebut kini sudah tak bisa bercakap-cakap lagi. sudah tiada kemampuan mendengar apa-apa lagi, juga tak akan pernah bisa lagi terdengar suara cerewetnya yang khas.

selamat jalan, emak!
semoga bahagia di sana...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar