Senin, 03 Februari 2014

episode bernama "karir"

di sinilah salah satu episode perjalanan saya bernama "karir" benar-benar terasa.
ya, di sini di sebuah perusahaan makanan kesehatan bernama nutrifood.

saya jadi teringat akan sebuah keinginan dalam hati yang tak diutarakan, tetapi ternyata ALLAH mendengar dan mengabulkannya. tepatnya ketika saya berada di semester akhir kuliah. tahun 2009 kala itu, dimana sudah ada sebagian teman-teman seangkatan saya yang lulus dan bahkan bekerja. tak ayal, saya pun mulai memikirkan bagaimana kehidupan karir saya kelak. saya hanya berujar dalam hati, kurang lebih isinya begini:
"ya ALLAH, jika saya ke depan mendapatkan kesempatan bekerja, saya ingin bekerja di perusahaan makanan, terutama yang bergerak di bidang gizi. kalau bisa di jawa barat. kalau bisa lagi di bogor".

tak lama setelah itu di pertengahan semester akhir tersebut, saya sudah mulai melamar ke perusahaan. saat itu kesempatan yang ada adalah program UFLP (Unilever Future Leader Program) tahun 2009 yang merupakah program dari PT. Unilever Indonesia Tbk. saya coba mendaftar dan alkisah saya lulus program ini sampai tes akhir. namun, ternyata jalan karir saya tidak untuk perusahaan tersebut. beberapa kelemahan saya tertangkap oleh mereka, sehingga hanya bibit unggul saja yang disaring. it's ok. saya pun hanya sekedar mencoba, dan alhamdulillah dapat ilmu baru.

akhirnya saya wisuda di bulan agustus 2009. saya tidak langsung melamar bekerja, karena masih mau fokus mengikuti kepanitiaan iedul adha di rumah. baru sekitaran oktober 2009 saya memasukkan  lamaran-lamaran ke banyak tempat. singkatnya dari test yang saya ikuti, saya sudah dipastikan diterima di sebuah perusahaan terigu di cilegon yang bernama PT. Pundi Kencana, dan bisa mulai masuk per 1 desember 2009. itulah awal saya memasuki dunia "karir".

saya menikmati pengalaman baru di perusahaan tersebut. teman-teman yang menyenangkan, tipikal pekerjaan analisa yang baru dan sarat ilmu, dan juga lokasi kerja yang unik di dekat pelabuhan membuat saya nyaman bekerja di sana. namun, lama-kelamaan saya merasa jobdesc untuk pekerjaan saya sebagai Management Trainee tidak pernah jelas. ini menyebabkan saya mencoba melamar-lamar lagi ke tempat lain. pernah mengikuti test di Kerry Ingredients sampai tahap presentasi, tetapi lelagi jalan saya bukan di situ.

sampai suatu ketika, di bulan april 2010 yang mana saya baru mau menginjak bulan ke-5 bekerja di PT. Pundi Kencana, saya dikontak oleh pihak PT. Nutrifood Indonesia yang menawari saya untuk mengikuti test-nya. saya teringat memang pernah memasukkan lamaran setelah lulus. hahaha lama juga dipending-nya.

tanpa pikir panjang saya menjawab untuk mau mengikutinya. akhirnya setelah melalui perjuangan yang berat (ini serius, berat banget. kebayang bolak-balik terus cilegon - pulogadung dan cilegon - ciawi selama 4 kali), saya pun diterima bergabung di perusahaan yang baru ini.

masih teringat, 14 juni 2010 adalah awal kali saya bergabung sebagai seorang R&D executive, dan resmi menjadi bagian dari keluarga besar nutrifood 3 bulan setelahnya. setelah saya renungkan kembali, ini adalah jawaban atas apa yang pernah saya ujarkan dalam hati tempo lalu. saya benar-benar mendapatkannya. sebuah perusahaan makanan yang bergerak di bidang gizi (nutrisi) dengan lokasi di bogor, jawa barat. dan tahukah, kawan? saat saya berujar itu, saya tidak pernah tahu bahwa nutrifood berada di bogor. dan saya benar-benar mendapatkannya. merasa bersyukur sekali ALLAH mengabulkan do'a dalam hati saya walau harus menjalani fase berkelok-kelok terlebih dahulu.

dan kini hampir 4 tahun saya menjadi bagian dari keluarga besar nutrifood. sudah begitu banyak pengalaman berharga yang saya dapatkan di sini. pekerjaan yang gonta-ganti, mengalami ganti manager sampai 3 kali walau bekerja belum genap 3 tahun, teman-teman yang menyenangkan, kepanitiaan beberapa event yang mengajarkan saya arti sebuah empati, menghargai pentingnya hidup sehat, arti kerja keras dan kesungguhan ketika harus melalui tahap promosi, dan lain sebagainya. itu semua terrekam jelas dalam benak dan ingatan. biar saya bungkus apik dan saya jadikan kado terindah di hari ulang tahun ke-35 untuk perusahaan yang telah membesarkan saya menjadi pribadi yang jauh lebih baik. yang telah menjadi rumah kedua bagi saya, dalam bertumbuh dan berkembang. terima kasih, nutrifood :) saya akan terus ambil pelajaran berharga darimu, dan dari komponen-komponen yang ada padamu...

selamat ulang tahun ke-35 PT. Nutrifood Indonesia. 2 Februari 1979 - 2 Februari 2014.
keep inspiring a nutritious life.


di sebuah kemacetan perjalanan menuju nutrifood cibitung,
cikunir, 3 februari 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar