Sabtu, 30 Januari 2016

mau sholeh atau salah?

asslamu'alaykum semua...

terima kasih untuk kawan-kawan yang masih setia mau membaca artikel-artikel yang saya tulis di blog ini. mencoba untuk produktif kembali setelah satu minggu lamanya tidak menulis. ayo mari kita produktif dan jangan sampai terlena oleh rasa malas.

melalui buku lapis-lapis keberkahan yang sedang saya baca, saya jadi mengetahui bahwa sahabat Umar bin khaththab pernah berpesan sebagai berikut:

"kedua tangan ini tercipta untuk bekerja. jika tak disibukkan dalam kerja ketaatan, ia akan tetap bergiat dalam kemaksiatan."

apa artinya?

manusia berkemungkinan untuk melakukan kegitan positif atau negatif. jika membiasakan diri untuk bekerja dalam kebaikan, maka akan senantiasa terjaga dari perbuatan buruk, pun sebaliknya. karenanya, menyibukkan diri untuk beramal sholeh, akan memalingkan kita dari beramal salah. dan bagi kedua amal yang bertolak belakang tersebut, ALLAH menyediakan berbagai akibat yang juga berlawanan (fillah, 2014).

nah hari ini adalah hari sabtu. orang bilang ini adalah akhir pekan, saatnya untuk bermalas-malasan sebagai penebus letih di lima hari sebelumnya yang dijejali dengan rutinitas penuh energi. refreshing ke mall, tidur seharian, movie marathon, leyeh-leyeh ga jelas adalah beberapa pilihan yang bisa diambil untuk menghabiskan waktu di sabtu (dan minggu juga mungkin). tapi ada juga yang justru sabtunya digunakan untuk olah raga, beres-beres rumah, menulis, membaca, kuliah, dan belajar.

ya, intinya silakan pilih aktivitas apa yang akan dilakukan, yang pasti jika membiasakan untuk produktif, maka rasa malas akan terhempas. tapi jika sebaliknya, membiarkan rasa malas menyerang, maka sia-sialah waktu yang dimiliki.

mau produktif atau malas adalah sebuah pilihan :) sumber gambar: izyanstory.blogspot.com

contohnya kemarin, team QC cibitung juara melakukan aktivitas di luar kebiasaan. biasanya asyik bekerja menganalisa bahan-bahan makanan dan kemasan, tapi kali kemarin kami melakukan aktivitas positif lainnya, yaitu membuat menu makanan di acara #QCbermain yang mana tantangan bulan januari ini adalah #QCchef, lalu siangnya melakukan performance seni untuk pementasan audisi menjelang hari ulang tahun nutrifood, dan sorenya wisuda salah satu team QC cibitung juara yang akan mutasi kerja ke Sentul.

sungguh energi banyak sekali tersita, tetapi selama itu adalah kegiatan produktif, positif dan bermanfaat, bersyukurlah karena artinya sudah berhasil mengalahkan rasa malas. kembali pada pesan sahabat Umar di atas, begitulah sejatinya aktivitas manusia di dunia. fokus pada berkegiatan positif atau justru pada kegiatan yang sia-sia.

semoga kita semua terhimpun dalam golongan orang-orang yang senantiasa sibuk dalam bertaat dan berbenah pada ALLAH, bukan justru sebaliknya menganiaya diri sendiri dalam kubangan kemaksiatan. aamiin :)

terima kasih banyak ya sudah mau membaca.

wassalamu'alaykum semua...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar