Kamis, 04 Februari 2016

superior!

manusia adalah makhluk terbaik yang diciptakan oleh ALLAH. bukan malaikat ataupun bukan jin. bukan pula tumbuhan ataupun hewan. apalagi bakteri atau jamur.

manusia adalah mahakarya yang ALLAH ciptakan karena dibenamkan akal dan pikiran ke dalamnya. imbasnya, manusia memiliki kehendak bebas untuk bisa menentukan apapun yang ingin dilakukannya dalam hidup. bisa lebih mulia dari malaikat, tapi bisa juga lebih hina dibandingkan hewan ternak. tergantung dari apa yang akhirnya diputuskan oleh akal dan pikirannya.

sebagai mahakarya yang ALLAH ciptakan sebagai makhluk yang bertugas menghamba, sudah sepatutnya manusia menyadari akan kedudukannya. sehebat apapun ia, tetaplah hanya berlabel makhluk yang jika ALLAH sentil sedikit saja bisa tumbang. dengan sedikit kesakitan, dengan sedikit penderitaan, dengan sedikit angin, dengan sedikit api ataupun air. manusia tetaplah manusia, memiliki sisi inferior di sisi ALLAH.

kita boleh saja merasa inferior jika memang tengah berhadapan dengan ALLAH. laiknya serpihan renginang atau butiran debu yang tak memiliki daya. boleh saja mengklaim seperti itu, tapi jika porsinya di hadapan ALLAH. tapi jika di hadapan manusia lainnya, tidak bijak jika sekiranya kita selalu merasa inferior. ingatlah bahwa ALLAH mencipta dengan bentuk yang sebaik-baiknya. apalah beda dia dengan saya. apalah beda mereka dengan kami. apalah beda! semuanya diberi unsur penciptaan yang sama, sehingga jauhkan perasaan merasa inferior. pun bukan berarti menjadi perlu merasa superior.

merasalah superior jika kita merasa benar. tunjukkan sisi superior kita jika apa yang dilahirkan dari mulut kita adalah sebuah ucapan kebenaran. tunjukkan sisi superior kita jika apa yang diwujudkan dari sikap kita adalah sebuah tindakan kebenaran. berani dan jangan sungkan!

sayangnya, banyak orang belum bisa seperti itu. kebenaran yang sejatinya benar kerapkali merasa menjadi terasing dan inferior ketika dilebur di dalam lingkungan dan sistem yang sudah terlalu bercampur baur dengan kenistaan. akibatnya kebenaran yang seharusnya nampak menjadi melempem karena kehilangan sisi superiornya. amat disayangkan.

kebenaran akan benderang pada waktunya. sumber gambar: www.satuislam.org

namun, saya selalu percaya bahwa ALLAH tidak akan pernah membiarkan kebenaran di muka bumi ini sirna tak nampak. ia akan muncul ke permukaan berkat kegigihan orang-orang yang ingin membuktikan takwa atas-Nya. ia akan hadir kembali sebagai buah dari perjuangan orang-orang yang tak pernah takut dan merasa inferior karena keyakinan akan janji-Nya.

ya, kebenaran suatu saat akan menunjukkan sisi superiornya. kebenaran akan benderang pada waktunya. insya ALLAH :)

terima kasih sudah mau membaca ya... selamat beraktivitas di kamis manis :)

cibitung, 4 februari 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar