Sabtu, 13 Juni 2015

inspirasi dari regulus

lahir di bulan juli pada penghujung tanggal bukanlah permintaan saya. bukan pula permintaan orang tua, tetapi tentunya itu adalah sebuah episode yang telah digariskan dalam takdir ALLAH. sudah menjadi ketetapan dari Sang Pencipta untuk menciptakan seorang anak laki-laki yang imut, lucu dan menggemaskan di kota nan elok bernama Bandung. melalui rahim seorang ibu, saya menatap dunia ini. sebuah dunia bernama planet bumi (earth in english dan ard in arabic).

27 juli 1986 saya resmi menjadi penghuni baru planet ini. seiring bertumbuhnya menjadi remaja, saya  menyadari betapa dunia ini bukan hanya berupa planet bumi. ini hanya seujung kuku dibandingkan dengan alam semesta secara keseluruhan. di siang hari kita bisa melihat bahwa planet bumi tak ada apa-apanya dibandingkan dengan matahari. di malam hari kita juga bisa melihat pemandangan menakjubkan lainnya yang semakin menyadarkan diri bahwa planet bumi ini memang kecil. teramat kecil. sekecil bakteri di antara organ jantung mungkin.

lahir di tanggal 27 juli diasosiasikan dengan zodiak bernama leo. ya, saya berzodiak leo. saya adalah anggota rasi singa! hahaha... namun, saya sama sekali tidak akan membahas peruntungan dan hubungan antara zodiak leo dengan kondisi kesehatan, asmara dan keuangan. sama sekali tidak, karena saya tidak percaya dengan hal tersebut.

sebagai seorang yang cukup mengagumi dunia astronomi (ingat hanya kagum ya, bukan mengerti tentang rumus-rumus fisika - astronomi. hehehe), maka saya penasaran dengan konstelasi/gugus atau rasi bintang leo ini. dan alhasil saya menemukan sebuah kata yang sangat menarik didengar: REGULUS.

sumber gambar: earthsky.org

regulus adalah bintang paling terang pada rasi leo. disebut juga sebagai jantungnya leo karena berada tepat di bagian dada singa. regulus disebut juga dengan alpha leonis. bintang ini berwarna dominan biru yang katanya menjadi salah satu bintang paling terang yang terlihat ketika malam hari, dan bisa dilihat sepanjang tahun.

menurut Encyclopedia of Astronomy and Astrophysics, regulus tercatat dalam teks Persia yang berusia 3.000 tahun, dikenal sebagai Venant. nama regulus merupakan pemberian dari petualang Nicolaus Copernicus yang artinya "raja kecil". dalam bahasa arab, regulus disebut "malikiyy". letaknya terbilang cukup dekat dengan bumi, yaitu pada jarak 77 tahun cahaya dari bumi. apa itu artinya? artinya, cahaya yang bisa dilihat pada hari ini dari bumi adalah cahaya regulus ketika 77 tahun yang lalu. keren kan? masya ALLAH.

bersama dengan bintang-bintang lainnya, regulus bersatu menjadi "singa". ia bertetangga dengan bintang-bintang lainnya dengan nama yang gagah didengar, yaitu: denebola, algieba, zosma, ras elased australis, adhafera, leonis, chertan, al minliar al asad, alterf, ras elased borealis, dan subra.

sumber gambar: sydneyobservatory.com.au

menarik kan? yang pasti, saya ingin mengambil pelajaran setelah mengetahui profil si regulus ini. ia menjadi paling terang di antara rasi leo, memancarkan warna biru yang indah, eksis alias terlihat sepanjang tahun, dan memiliki gelar raja kecil.

dari penggambaran tersebut, dalam sebuah kalimat saya menggambarkan profil regulus sebagai berikut: seorang pemimpin yang memberikan energi positif dan inspirasi setiap saat. dan saya sebagai seorang yang berzodiak leo, ingin kiranya bisa menjadi sosok yang digambarkan seperti regulus. aamiin :)

ah, regulus... mulai saat ini kamu menjadi satu benda langit yang menginspirasi. dan semoga di setiap malam-malam lainnya, saya bisa merenung dan mencari inspirasi lain dari alam semesta ini. dunia kosmik memang menarik untuk diambil pembelajaran. ya, menarik bagi siapa saja yang mau berpikir :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar