Rabu, 23 Januari 2013

perut sixpack berkat android

hari ini, tepat dua minggu saya mengelola blog "ceritaku_inspirasimu". sudah ada 7 tulisan yang saya tulis dalam waktu 2 minggu. cukup produktif menurut saya di tengah kesibukan saya yang lainnya. yes, ini artinya kemampuan saya menelurkan tulisan sudah kembali membaik. :) selamat, selamat!

nah, di hari ke-14 ini saya akan menceritakan mengenai sebuah aplikasi yang cukup bermanfaat buat saya. masih inget kan dengan cerita saya di sony ericsson minded...wajarkah? kalo inget, sudah tahu dong yah apa motivasi saya dengan handphone android yang saya punya saat ini. yap, betul banget yaitu kepingin si android kali ini punya manfaat yang terasa berbeda.

terus, tercetuslah untuk mengunduh beberapa aplikasi yang kira-kira bermanfaat untuk saya. yang pertama adalah yang mendukung amalan harian saya, yaitu aplikasi pengingat sholat (soalnya walau sudah tampan, tapi sholat harus tetep jalan. hehehe pede abis). aplikasi lainnya yang saya unduh adalah beberapa games populer, kamus bahasa inggris, kamus bahasa jepang, aplikasi tools office, media player, sampai akhirnya terpikirlah untuk mengunduh aplikasi yang berhubungan dengan kesehatan.

buat pekerja di PT. Nutrifood Indonesia, rasanya gaya hidup sehat sudah menjadi sesuatu yang agak sulit untuk ditawar. to be honest, saya bersyukur banget bisa tumbuh dalam lingkungan yang mengajarkan saya arti penting hidup sehat. semenjak saya bekerja di kantor inilah saya mulai rajin bergerak aktif dan menyukai olahraga (padahal kalo teman-teman tahu, dari SMA saya ga suka banget sama pelajaran olahraga). olahraga yang saya lakoni sekarang adalah badminton, jogging dan stretching setiap pagi. manfaatnya memang terasa kok, jadi tidak mudah ngantuk dan selalu tampil ceria, prima dan mempesona. :)

stretching pagi yang saya lakukan biasanya akan diikuti dengan push up 2 seri dan sit up yang seakan dipaksakan sampe keringetan. hohoho. oiya, perlu di-note yah bahwa tujuan saya sit up setiap harinya adalah supaya perut saya tetap rata. hehehe. soalnya banyak temen-temen seumuran saya, tak lihat di bagian perutnya banyak yang "makmur", dan jujur saya tidak mau seperti itu. tapi ini bukan berarti saya mendiskreditkan teman-teman yang perutnya "makmur" lho yah..

sejak 2011 lalu (ga rutin setiap hari sih, bahkan waktu 2012 jarang banget. hehehe), saya suka sit up dengan irama yang sangat tidak beraturan. semaunya dan dalam jumlah yang sekuatnya saya saja sampai saya terasa lelah. saya pikir itu baik, sampai akhirnya saya menemukan sebuah aplikasi di android yang membantu saya untuk sit up lebih baik lagi dan terarah. kesannya promosi kayak lej*l home shopping gitu banget sih. hehehe. inilah aplikasinya:

sit ups pro
yap, namanya sit ups pro. nah, gimana sih cara kerja dan istimewanya aplikasi ini?
hal pertama yang dilakukan adalah masuk ke aplikasi tersebut, sehingga muncul tampilan sebagai berikut:


setelah itu, silakan pilih "practice" jika hanya ingin melakukan gerakan sit up dalam sekali waktu, atau pilih "training" jika ingin mengikuti program terpadu yang akan dianjurkan setiap harinya. waktu itu sih saya coba keduanya. jangan kaget ketika pilih "training", maka akan diminta untuk melakukan 1 seri sit up sekuat yang kita bisa, dimana hasilnya nanti akan digunakan sebagai panduan untuk memberikan seri sit up yang dianjurkan.

oiya, selama sit up kita tidak perlu ribet menghitung, karena handphone akan berbunyi seiring dengan gerakan sit up yang kita lakukan (walaupun terkadang nggak bunyi sih, mungkin karena gerakannya belum bener). caranya adalah dengan melatakkan handphone di antara perut dan dada seperi pada gambar berikut:


setiap kita menaikan badan, maka handphone akan berbunyi sebagai tanda menghitung (counter). bila kita sudah selesai melakukan 1 seri sit up, maka akan muncul jumlah seri sit up yang dianjurkan, dimana kita akan ada 5 seri dengan jumlah yang berbeda-beda. setiap seri akan diberikan istirahat selama 1 menit. baik kan? :)

untuk mengetahui perkembangan latihan yang kita lakukan, maka kita akan diberikan grafik jumlah sit up yang kita lakukan per harinya dan jumlah kalori yang dikeluarkan seperti tertera pada gambar berikut:


selain melalui grafik ini, kita bisa tahu jumlah sit up total yang sudah dilakukan, rata-rata per harinya dan the best practice yang bisa kita capai dalam 1 seri sit up secara lepas. gimana, menarik kan?

dengan aplikasi ini, bukan tidak mungkin lho teman-teman bisa mendapatkan perut sixpack atau minimal rata deh yah. :) soalnya kalo sixpack mungkin harus banyak treatment dan jenis olahraga lain yang perlu dilakukan. bagi saya pribadi sih, aplikasi ini sungguh sangat menarik untuk menemani hari-hari pagi saya sebelum mandi dan berangkat ke kantor. oiya, fyi bahwa sampai tulisan ini saya buat (23 januari 2013), berikut nilai rapor saya:

mulai program                : 13 januari 2013
total jumlah shit up         : 1.348
rekor dalam sehari         : 207
rata-rata per hari            : 122
the best practice            : 87

hehehe. lumayan lah walau tidak berefek langsung ke sixpack, tapi saya selalu merasa perut saya alhamdulillah tetap rata, dan semoga ini menjadi pertanda awal bahwa saya dalam kondisi sehat, karena sehat itu penting, teman. dengan badan yang sehat, saya bisa beribadah lebih prima. dengan badan sehat, saya bisa bekerja dengan tetap bugar dan tidak mudah lelah. dengan badan yang sehat pula saya bisa berpikir jernih dan sehat untuk berbagi tulisan ini yang semoga bermanfaat. :D

maka dari itu, semoga aplikasi ini menjadi salah satu bentuk ikhtiar yang saya lakukan untuk menjaga kualitas tubuh yang lebih baik, khususnya target ke bagian perut. satu yang selalu saya inginkan dengan perut saya, yaitu tetap rata. itu saja. mengapa?

karena saya teringat dengan pesan sahabat Rasulullah Muhammad saw., yaitu khalifah Umar Bin Khatab r.a.:
"jauhilah perut gendut, karena menyebabkan malas shalat dan mendatangkan penyakit pada jasad. tapi, jadikanlah makan minum kalian sedang-sedang saja, karena bisa menjauhkan dari penyakit, mendatangkan kesehatan, memperkuat ibadah. sungguh, seseorang itu tidak akan binasa sehingga ia lebih mengutamakan nafsu syahwatnya daripada urusan agamanya."

semoga niat saya diluruskan untuk itu dan semoga saya bisa konsisten menjalankannya. aamiin. :)

bagi, para pemilik android yang menginginkan aplikasi ini, silakan untuk men-download-nya di link berikut ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar