Minggu, 02 Maret 2014

tontonan saya dari masa ke masa

tulisan perdana di bulan ketiga penanggalan masehi di tahun dua ribu empat belas ini.
apa kabar kawan-kawan semua?
semoga dalam kondisi baik, sehat dan sejahtera. aamiin :)

hari ahad merupakan salah satu dari 7 hari yang bagi beberapa orang dianggap spesial. kenapa? mungkin karena pada hari tersebut cukup banyak waktu yang bisa digunakan untuk melakukan banyak hal yang tidak bisa dilakukan di hari-hari sebelumnya. tidak ada aktivitas kerja, sekolah, dan lainnya, kecuali di beberapa bagian pekerjaan tertentu yang mengharuskan adanya overtime alias lembur. ya, karena minggu adalah hari libur yang berlaku di indonesia.

seperti minggu sekarang ini, mungkin bagi kebanyakan orang lebih enak digunakan untuk menonton televisi di rumah, berkumpul dengan keluarga. ah membayangkannya saja membuat darah cukup berdesir bahagia. namun sayang sekali saya merasa bahwa banyak sekali tontonan saat ini yang juga kurang mendidik dan kurang berkualitas. semua serba menonjolkan sisi komersialisme, fiktif, dan hiburan yang agak over. tidak perlu saya sebutkan satu-satu acara apa itu, tapi secara garis besar hampir di banyak stasiun televisi dibanjiri dengan serbuan acara berupa sinetron, ftv, komedi show. tidak semua memang, ada beberapa juga yang masih bersifat mendidik, misalnya acara-acara di kompas tv dan beberapa tv lokal.

sedikit berbagi mengenai jenis tontonan televisi yang saya saksikan dari masa ke masa.

1. zaman sd
ketika masa ini, tontonan saya didominasi oleh acara kartun dan serial jagoan Jepang seperti doraemon, pasukan turbo, jiban, jiraiya, satria baja hitam, sailormoon dan pahlawan-pahlawan lainnya yang diusung dari negeri sakura.

favorit banget lah sama yang ini. pasti pada tahu kan?

selain itu, saya juga gemar menonton acara musik anak-anak macam dunia anak, ci luk ba, dan lain-lain. masih ingat dalam ingatan saya penyanyi kanak-kanak seperti trio kwek-kwek, geofani dan saskia, cindy cenora, maisy pramaisella, dea ananda, bondan prakoso, joshua, dan lain-lain. lagu yang diputar memiliki muatan kekanak-kanakan sesuai dengan usianya. sayang sekali saat ini saya lihat banyak anak-anak yang justru selera musiknya melebihi usianya. anak-anak sekarang justru dirasa lumrah dengan lagu-lagu cinta dan dewasa seperti peterpan, ungu, mulan jameela, dan lain sebagainya. kalaupun ada penyanyi cilik macam cowboy junior, tapi isinya lagi-lagi tentang cinta. sangat disayangkan generasi anak-anak zaman sekarang. kecil-kecil sudah dicekoki dengan percintaan. membuat mereka kehilangan jati dirinya sebagai anak kecil.

2. zaman smp
masa ini, tontonan saya setingkat lebih mendewasa. hehehe. otak saya mulai teracuni dengan tontonan macam lupus, beberapa sinetron seperti tersanjung, kehormatan, noktah merah perkawinan, dan lain-lain. tapi untungnya tidak terlalu berdampak pada praktik sehari-hari kok. hahaha

selain itu, saya juga masih menyukai beberapa film anak-anak seperti doraemon, shincan, dan film anak terbaru yang cukup menarik bagi saya, yaitu big bad beetleborgs. anybody knows?

ini dia big bad beetleborgs

tontonan berikutnya yang saya lihat adalah telenovela (hahaha ini agak malu sih menyampaikannya, tapi ya sudahlah saya yakin teman-teman juga ada yang suka kan? hehehe). saat itu yang sedang in adalah cinta paulina dan gaby hanya kau cintaku. hahaha artis utama si gabriella spanic tiap hari senin sampai jum'at nongol dengan cerita seputar dirinya dan kembarannya.

selanjutnya yang saya suka juga ketika zaman SMP adalah film drama asal negeri china dengan alur cerita yang menarik dan karakter tokoh-tokohnya yang mengesankan, yaitu putri huan zhu. film ini mengisahkan mengenai kehidupan kerajaan di china beserta lika-likunya yang kadang lucu kadang menyedihkan. beberapa tahun lalu film ini sempat diputar ulang lho :)

putri huan zhu :)

kemudian acara selanjutnya yang kerap saya tonton ketika SMP adalah sebuah kuis. ada 1 kuis yang dulu sempat menjadi primadona dimana saya selalu merasa menyesal jika 1 episode saja terlewatkan, yaitu digital LG prima. kuis ini adalah pertarungan otak di antara para pelajar SMA yang dipandu oleh iszur muchtar dan shahnaz haque. kuis dibagi ke dalam beberapa segmen yang menarik. lebih mendebarkan lagi karena pemenang mingguan akan ditarungkan ke dalam episode bulanan, kemudian sesama pemenang bulanan diadu kembali hingga diperoleh pemenang tiga bulanan, dan terakhir menjadi juara tahunan dengan hadiah kalo tidak salah 32.000 USD. pokoknya zaman SMP tersebut saya pengen banget ikut acara tersebut, tapi sayang kesempatan tersebut tidak pernah berhasil saya coba karena ketika saya masuk SMA, kuisnya sudah selesai tayang. giliran acara bagus, eksistensinya tidak lama. huft dasar indonesia.

3. zaman SMA
di masa ini, tontonan saya sangat berbeda dari masa-masa sebelumnya. saya masih ingat bagaimana berkesannya setiap pagi saya menyaksikan tayangan harun yahya di tpi (eh agak lupa dulu namanya sudah mnc tv atau belum) yang membuat saya semakin menyukai ilmu sains, selalu mengucap subhanallahu, dan selalu merasa bahwa islam and al qur'an are the best :)

di pagi hari, saya juga selalu menyaksikan sebuah tayangan ESQ (namanya apa lupa), tayang seminggu sekali di hari rabu atau kamis jam 5 pagi. acara ini sering banget bikin saya mewek bombay. ah, pokoknya selalu pengen lagi melihat tontonan berkualitas macam itu. eiya, kadang di pagi hari saya juga liat mtv karena sering banget muter lagu yang enak-enak dan heits saat itu, kurang lebih di tahun 2003-2004-an.

tontonan selanjutnya yang saya lihat adalah ketika pulang sekolah sekitar jam 2 atau 3 siang. saya pasti mantengin metro tv karena selalu ada acara yang sangat menambah wawasan. dalam seminggu  di jam tersebut acaranya beragam dan beda-beda dari senin sampe jum'at. contohnya yang masih saya ingat yaitu biografi tokoh dunia, ultimate 10 yang di setiap episodenya memperlihatkan 10 hal dunia yang sangat menarik, fenomena alam seperti national geography, dan lain sebagainya. ah pokoknya acara-acara sarat ilmu yang bikin wawasan SMA saya beda sama temen-temen kebanyakan deh. hahaha boleh diadu lho :)

dan satu lagi tayangan yang saya tonton di zaman ini, yaitu akademi fantasi indosiar (afi) dan kawan-kawannya semisal indonesian idol. intinya berupa ajang pencarian bakat gitu yang saat itu baru masa-masa perdana berkembang di indonesia. lumayan lah buat hiburan.

4. zaman kuliah
berhubung di zaman ini saya mulai tinggal dengan sistem kost dan jauh dari rumah, yang diperparah selama 4 tahun periode 2005 - 2009 saya tak punya tivi, makanya saya nyaris ga pernah nonton. terlebih lagi waktu saya di periode tersebut sangat teramat berharga untuk dihabiskan hanya untuk menonton. hahaha pencitraan sebagai aktivis.

saya merasa ada sedikit kerugian yang mungkin saya alami karena ndak update dengan berita atau tontonan yang heits masa itu, tapi saya yakin acaranya tidak jauh beda dengan yang sudah-sudah palingan. yang paling berkesan saya tonton masa ini adalah tayangan uber dan thomas cup di tahun 2008, karena saya dan beberapa teman saya menyaksikannya di laboratorium sambil mengerjakan penelitian dan praktikum sebuah mata kuliah. hahaha. kece banget lah kalo inget lagi pengalaman ini.


5. zaman sekarang
dan kini saya hidup di zaman 2014. tayangan televisinya ternyata tidak jauh lebih baik dari sebelum-sebelumnnya. malah kualitasnya menurun. hampir setiap hari acara tv dipenuhi dengan komedi lawak dan acara musik anak muda yang terlalu over menurut saya. seolah-olah ada virus yang ingin disisipkan untuk membentuk mental generasi muda menjadi generasi alay yang kebanyakan humor. karenanya, saya sudah nyaris tidak pernah nonton televisi lagi. kalopun ada yang saya tonton, paling tontonan di kompas tv atau net tv yang lumayan mendidik, selebihnya ya cukup tahu saja. hehehe.

ya begitulah cerita saya tentang tayangan televisi semasa saya hidup. sekarang, saya sudah mulai menjauhi tontonan yang tidak berkualitas. karena apa? bagaimanapun tontonan yang terus-menerus dijejali ke mata dan dipersepsikan oleh otak, akan turut mempengaruhi cara kerja otak dalam berpikir dan bersikap. mending kalo yang bagus, nah ini buktinya acara sekarang nyaris tidak ada yang keren. itu tadi yang saya bilang televisi sekarang seolah tengah menciptakan generasi muda yang alay dan doyan becanda. itu saja tak lebih.

dan pada akhirnya, saya miris dengan anak muda zaman sekarang, karena sudah teracuni dengan 2 hal tersebut. inilah kisah anak muda di negara bernama indonesia, yang menjadikan tontonannya sebagai identitas dirinya. semoga masih banyak juga anak muda berbakat yang mau berjuang menjadikan indonesia lebih baik. semoga :)


bandung, 2 maret 2014
di sebuah madrasah yang disinari fajar nan indah

4 komentar:

  1. SD: Yoko & Bibi Lung
    SMP: Rurouni Kenshin, Inuyasha
    SMA: UEFA Champions League, Serie-A
    Kuliah: Jomblo, drama korea
    Sekarang: Movie

    BalasHapus
  2. hahaha. oiya eta si yoko jangan sampe dilupakan. mantab lah.
    dit, minta nomor handphone nya.
    saya pengen diskusi mengenai blog sama ente :) trims...

    BalasHapus
  3. Kasihan anak anak kecil zaman sekarang, dewasa belum waktunya..
    udah nggak ada lagi tuh lagu-lagu anak yang berkeliaran di tv.

    Blogwalking pertama ka! salam kenal

    BalasHapus
  4. alhamdulillah ada yang berkenan mampir, membaca dan memberikan komentar di blog saya. terima kasih banyak ya...

    semoga kita bisa saling menginspirasi. aamiin...

    salam kenal juga ya, mbak/teh annisa :)

    BalasHapus