Minggu, 16 Februari 2014

#ayobelajar

sebuah repost dari note yang ada di akun facebook saya tanggal 8 november 2011.
saya refresh lagi, semoga tetap bermakna dan menginspirasi. enjoy :)

sejatinya ada banyak hal yang bisa dipelajari dalam hidup ini. semut yang barusan jalan di depan anda sambil membawa sebongkah gula, bisa mengajarkan pentingnya bergotong royong untuk mencapai tujuan. pengamen yang baru saja mengisi ruang dengar dalam kuping anda, juga bisa mengajarkan betapa perjuangan itu sungguh sangat berat dan butuh kreativitas. fenomena banyaknya orang yang sedang dilanda kegalauan, juga memberikan pelajaran penting bahwa hati manusia begitu rapuh tanpa petunjuk dari sang pemilik hati.

semua memberikan pelajaran yang berarti yang dapat memperbesar cakrawala dalam belajar dan berpikir. belajar tidaklah sulit dan tidak pula perlu biaya mahal. semua berawal dari tekad dan kemauan yang kuat untuk maju dan mengoptimalkan potensi. jiwa-jiwa muda selaiknya digunakan secara optimal untuk belajar sebaik mungkin selagi ada kesempatan. tak jarang banyak orang menyesal di hari tua hanya karena banyak waktu terbuang percuma di waktu muda. sungguh, tak mau saya menjadi bagian dari itu. yang saya mau adalah belajar, belajar dan belajar. sekecil apapun, tentang apapun, dimanapun, kapanpun, dengan siapapun, walaupun harus meneteskan peluh yang terkadang tak terperi.

kawan, saya tahu bahwa saya belum bisa menjadi pembelajar yang sempurna, juga belum bisa menjadi contoh bagi kebanyakan orang. tapi satu yang saya yakin, pembelajar akan menjadi sempurna manakala apa yang dipelajarinya menjadikan dirinya lebih bijak dan rendah hati. ilmu yang dimilikinya menuntunnya untuk lebih mengetahui hal sekecil apapun. saya sadar saya belum bisa seperti itu. tapi, ketahuilah saya sedang belajar. kawan-kawan juga sedang belajar. kita semua sejatinya dalam hidup ini sedang belajar. merugilah mereka yang tidak bisa mengambil pelajaran dari apa yang sudah dialaminya...

tetap semangat belajar, menjadikan hari anda senantiasa berwarna. mengubah ketidaktahuan menjadi arif. mengubah kefasikan menjadi faedah. menurunkan tingkat kegalauan ke tingkat yang paling rendah, hingga tak ada ruang lagi tersisa untuk bergalau ria dan bermalas hati. senang belajar. kuat belajar. semangat belajar. ingin belajar. belajar. belajar. dan belajar.


#ayobelajar. belajar dalam arti luas tentunya. selamat belajar...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar