Minggu, 26 Juli 2015

mari bersekolah (lagi)

besok adalah hari pertama kawan-kawan bersekolah kembali (bagi yang bersekolah). setelah libur cukup panjang, akhirnya hari-hari akan kembali dilewati bersama teman-teman, guru-guru, dan beraneka macam pelajaran baik yang disukai maupun tidak. bagaimana perasaan kawan-kawan yang bersekolah? apakah riang menyambut ini atau justru sebaliknya tidak bergairah dan masih ingin berlibur?

dulu sekali ketika saya masih bersekolah, khususnya di bangku SMA, saya termasuk siswa yang sangat bersemangat pascaliburan. rasanya ada bahagia yang meletup-letup untuk kembali bersekolah dan menyerap ilmu kembali. saya berpikir bahwa tugas saya saat itu dengan predikat seorang pelajar adalah ya bersekolah dengan baik, sehingga atmosfer sekolah sungguh merupakan sesuatu yang sangat dirindukan setelah lama berlibur.

sekolah merupakan saat-saat saya beraktualisasi dan unjuk gigi melewati ujian demi ujian. laksana seorang tentara yang memiliki tugas berperang, maka saya menganggap bahwa sekolah adalah arena perang saya. perang melawan keegoisan diri, perang melawan ketakutan, dan perang untuk menuju kemenangan.

terlalu lebay mungkin ya... tapi seperti itulah cara pikir saya saat itu, dan hal tersebut akhirnya membantu saya dalam perjalanan hidup berikutnya. banyak manfaat yang saya rasakan dengan menyukai kegiatan bersekolah. saya jadi sering haus ilmu, saya tak suka berlibur lama-lama, dan saya sering termotivasi untuk menularkan semangat ini kepada adik-adik zaman sekarang.

semoga lewat tulisan ini, kawan-kawan yang besok memulai lagi sekolah bisa lebih bersemangat dan memiliki motivasi yang lebih gereget. ingat bahwa jika status kita sebagai pelajar, maka berperanlah sebagai pelajar dan lakukan tugas-tugas sebagai pelajar. itu yang benar! dan betapa nikmatnya bila kita bisa menyadari kapasitas diri dengan peran yang sedang diemban, sebagai apapun. sebagai pelajar, sebagai karyawan, sebagai guru, sebagai dokter, sebagai da'i, sebagai pejuang, sebagai penggiat komunitas, dan sebagai apapun.

maka dari itu, mari bersekolah dan semangat ya biar nggak rugi jadi orang yang berilmu :)

sebagai penggembira, berikut bonus lirik "nasib tak kan berubah" ost musical laskar pelangi yang liriknya bagus, menggambarkan pesimisme yang dilawan dengan semangat bu muslimah...

Hoi hoi hoi
Kami  ini orang asli Belitong
Hoi hoi hoi
Inilah tempat kami Kampong Gantong

Kata orang pulau kami pulau kaya
Banyak timah dimana-mana
Ah, ah, tapi siapa yang punya
Bukan kami yang punya
Kami hanya kuli-kuli belaka

Hoi hoi hoi
Memang sudah nasib menjadi kuli
Hoi hoi hoi
Selamanya jadi kuli, nasibmu tak kan berubah

Hoi hoi hoi
Indah matahari pagi Belitong
Hoi hoi hoi
Sapa selamat pagi kampung Gantong

Kata orang pulau kami pulau kaya
Mengapa sulit sekolah
Ah, ah jangan janganlah resah
Aku siap mengajar
Di sekolah dasar Muhammadiyah

Hoi hoi hoi
Ini hari pertamaku mengajar
Hoi hoi hoi
Ayo sekolah. Ya sekolah,
Nasibmu akan berubah

Hoi hoi hoi
Hari ini bawa anakmu sekolah
Hoi hoi hoi
Ayo sekolah ya sekolah
Nasibmu akan berubah

Hoi hoi hoi
Sekali kuli kan tetap jadi kuli
Hoi hoi hoi
Jangan bermimpi nasibmu akan berubah

Janganlah kau bermimpi
Nasibmu tak kan berubah
Nasibmu tak kan berubah

sumber gambar: http://mycidaun.blogspot.com
ahad, 16 juli 2015
di sebuah perjalanan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar