Kamis, 09 Januari 2014

ketulusan: kunci memberikan feedback

hari ini, 9 januari 2014. tepat satu tahun yang lalu saya bercengkrama denganmu, wahai blog bertajuk #ceritaku_inspirasimu... terima kasih sudah membersamai selama 1 tahun ke belakang, menerima apa adanya apa yang ditulis oleh si pemilikmu dengan bahasa semaunya. tak tahu bagaimana penilaian orang terhadap isi tulisan selama kita berdua menjadi satu paket sebagai penulis dan sebagai media. semoga sih mereka merasa terinspirasi dari apa yang kita berdua hasilkan sebagai karya. dan semoga juga ke depannya kita akan semakin hits menghasilkan karya inspiratif yang berfaedah bagi siapapun yang menemui kita berdua. aamiin.

well, di hari yang berbahagia ini. saya tak akan mengukir banyak tulisan di atas kanvasmu. saya hanya ingin bercerita mengenai kondisi diri saya sendiri saat ini. kamu mau dengar kan? kalau kamu bersiap mendengarnya,  jangan salahkan bila semakin banyak tinta tulisan yang akan melekat di kanvas indahmu ini.


hari ini saya baru saja mendapatkan beberapa feedback dari team kerja saya di kantor. dan bagi saya, yang dinamakan feedback adalah seperti harta yang berharga. saya bisa memaknai sebuah feedback sebagai materi untuk memperbaiki diri. asupan dari orang yang memberikan feedback adalah suatu tanda ketulusan bahwa orang tersebut menginginkan kita menjadi pribadi yang lebih baik.

dan, feedback untuk saya selama berinteraksi dengan team kerja saya adalah sebagai berikut: (sengaja saya catat di blog ini supaya bisa saya ingat. hehehe).
1. saya sangat pelupa, dan terkesan memberikan harapan palsu
2. lama dalam mem-follow up
3. kurang tegas, sehingga memberikan persepsi abu-abu terhadap suatu hal.
4. terlalu sibuk
5. critical thinking masih perlu ditingkatkan

hehehe, itu adalah feedback yang saya dapatkan baru dari 4 orang. terbayang berapa banyak yang akan saya terima bila semua team sudah memberikan penilaiannya. dan itu artinya semakin banyak harta tak ternilai yang akan saya dapat. di satu sisi senang karena jadi tahu apa yang perlu diperbaiki, tapi di satu sisi sedikit berkaca bahwa saya masih banyak kelemahan, dan karenanya tak pantas sombong atau membanggakan diri. catat itu!

sulit sebetulnya bagi sebagian orang untuk memberikan feedback terhadap saya. ada rasa kurang sreg dari perasaan mereka masing-masing untuk memberikan feedback-nya pada saya. mungkin banyak juga di antara kawan-kawan pembaca yang mengalami itu, tapi alhamdulillah saya bersyukur mereka para assessor mau berterus terang, walau ada sedikit paksaan sari saya untuk mereka berani mengutarakan. hehehe

sekarang, setelah saya mendapatkan beberapa feedback di atas, saya akan fokus pada upaya perbaikan. orang lain berhak memberikan penilaian terhadap diri kita sesuai dengan apa yang dilihat dan dialaminya terhadap kita. jika penilaiannya benar, maka langkah untuk perbaikan perlu diambil, sedangkan jika penilaiannya sedikit keliru, maka bijak kiranya bisa memberikan klarifikasi dengan halus. untuk kelima feedback di atas, ada 2 hal yang bagi saya sedikit kurang pas, sehingga perlu diklarifikasi. hehehe. dan semoga klarifikasi yang dimaksud bukan sebuah ajang pembelaan.

nah, blog tercinta... sama halnya dengan saya yang baru saja di-feedback, saya pun akan mencoba memberikan feedback padamu ya, wahai blog yang saat ini tepat menginjak usia 1 tahun. kamu siap kan untuk menerima fakta yang diperoleh dari penilaian beberapa orang terhadap penulismu dan juga yang nyata terpampang dari statistik? berikut feedback untukmu:

1. jumlah postingan dalam 1 tahun adalah sebanyak 59 tulisan, atau sekitar 1 tulisan per minggu. ini sangat kurang, jadi perlu di-improve di tahun 2014 ini ya? janji ok? berapa targetnya silakan dirumuskan dengan si penulismu! hahaha...
2. diksi atau pemilihan kata sudah cukup baik, beberapa orang bilang bahwa gayanya unik dan itu artinya bisa dipertahankan, karena keunikan adalah nilai jual (selling value) dari apa yang ditawarkan kepada pembaca. hanya ada juga yang bilang bahwa gaya tulisan yang ada padamu terkesan kurang "macho". hehehe, ok berarti tulisannya masih berpeluang untuk terus diperbaiki ya?!
3. materi tulisan terbilang banyak yang menyukai. beberapa orang terinspirasi dengan apa yang ditulis. ini perlu dikembangkan lagi bahkan kalau perlu bikin sebuah gebrakan. hhhmmm, good idea!
4. pengunjung laman sebanyak 4.592 dalam 1 tahun (exclude si penulis), ini terbilang cukup OK. berarti rerata dalam sehari dikunjungi oleh 12,58 orang (gaya ditulis pake desimal supaya terkesan menghitung. hahaha). dengan lebih banyak tulisan, maka target pengunjung akan meningkat pula bukan? berapa target tahun ini? minimal 10.000 pengunjung ya? ok deal!

sudah ah itu dulu feedback di tahun ini... selamat memperbaiki ya?! dan selain berupa feedback saya pun ingin mengumumkan fakta yang ada padamu, yaitu berupa tulisan terfavorit. berikut 3 artikel terfavorit yang paling banyak dikunjungi oleh pembaca dengan asumsi kunjungan yang macam-macam (sengaja berkunjung, kebetulan kesasar, dipaksa membaca, dll):

1. antara JKT48 dan berbagi semangat (403 pengunjung; tanggal posting 17 Januari 2013)
2. habibie, ainun, dan bunga citra leastari: cinta sejati (268 pengunjung, tanggal posting 9 Januari 2013)
3. perut sixpack berkat android (160 pengunjung, tanggal posting 23 Januari 2013)

sedangkan the best article menurut saya pribadi sebagai penulismu adalah:
pesan singkat untuk semesta (58 pengunjung, tanggal posting 6 februari 2013)
kenapa saya pilih artikel ini? silakan baca sendiri, dan hayati kembali...

note: judul di atas masing-masing sudah dibuat hiperlink-nya kok, jadi bisa langsung colek :)

itulah dia apa yang disebut sebagai feedback. saya sebut di menjelang akhir paragraf ini sebagai suatu ketulusan menilai. dan saya beri judul tulisan ini dengan "ketulusan: kunci memberikan feedback". mengapa? karena sedianya, memang sebuah ketulusan-lah yang mendasari dari sebuah penilaian, sehingga penilaian yang tulus dari hati si penilai akan diterima pula dengan tulus di hati si orang yang dinilai.

terakhir, untuk para pembaca yang telah bersedia meluangkan waktunya membaca tulisan saya ini, saya ucapakan terima kasih banyak dan silakan nyatakan ketulusan kawan-kawan dalam meberikan penilaian terhadap blog atau tulisan saya kali ini ke alamat berikut:

facebook : Suhadi Euy
twitter : @hadisu_euy
email : hadisu_euy@yahoo.com

terima kasih banyak. selamat menuluskan hati! :)

bogor, di sebuah senja, 9 januari 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar