Selasa, 01 Juli 2014

prolog: one day one challenge

alhamdulillah diberi kesempatan untuk menginjak bulan juli di tahun 2014 ini. bertepatan dengan bulan ramadhan 1435. mata masih terjaga. rasanya sudah lama saya tidak merasakan seperti ini. ide menulis mengalir dengan lancar. semangat dan tantangan untuk menelurkan 17 tulisan (again) di bulan ini nampaknya akan cukup mudah diatasi. tapi lihat nanti apakah semangatnya akan terus berjaya. semoga :)

ini adalah tulisan pertama di bulan juli tahun dua ribu empat belas. apa yang akan saya tulis? pertama, mari rayakan kembali kebangkitan seorang suhadi. seorang penulis amatir yang berjanji terus menulis untuk membagi manfaat dan menginspirasi siapapun yang membaca tulisannya. rayakan dengan kembali membaca basmallah, bersyukur dan bersujud.

ok, langsung saja pada topik utamanya.

setelah tahun lalu saya pernah menulis tulisan berjudul serba 7 di bulan ke-7, maka kali ini saya akan membuat program baru dan beberapa program lama yang diperbaharui. namun, kali ini beda. saya tidak akan menuliskannya secara langsung, melainkan akan dicicil satu-satu. insha ALLAH saya akan mencoba mempraktikkan program bernama one day one challenge. jika sekarang sedang semarak program bernama one day one juz, boleh dong saya bikin program yang lain? hehehe.


jadi, one day one challenge ini adalah program yang akan saya langsungkan selama periode 1 juli - 27 juli 2014. sengaja dibuat dalam periode ini atas dasar semau saya (ya iyalah saya yang punya program. hehehe). tujuan utama dari program ini adalah untuk meningkatkan kreativitas berpikir dan bersikap demi mewujudkan sesuatu yang baru. selain itu, untuk mengukur sejauh mana diri ini bisa tertantang dengan aneka hal baru yang akan bisa meng-upgrade performa individu sebagai suhadi. beuh ngeri bener bahasanya.

eits tenang, nggak sengeri bahasanya kok. secara teknis, yang akan dilakukan adalah melakukan sesuatu yang baru, kemudian didokumentasikan dan di-publish dalam akun instagram saya berikut: @hadisu_euy dengan hashtag #onedayonechallenge27. kenapa instagram? karena saya akan share dalam bentuk foto. bukan niat untuk ujub, tapi semata-mata program ini adalah untuk meningkatkan potensi yang dikaruniakan oleh ALLAH, adapun jika terbersit sedikit saja rasa riya atau ujub, semoga ALLAH berkenan untuk memaafkan kesalahan saya dan kembali meluruskan niat yang sudah saya buat.

seperti sebuah hadist yang diriwayatkan dari Umar bin Khattab radhiyallahu’anhu beliau mengatakan: aku mendengar Rasulullah shallallahu‘alaihi wa sallam bersabda, “sesungguhnya setiap amalan harus disertai dengan niat. setiap orang hanya akan mendapatkan balasan tergantung pada niatnya. barangsiapa yang hijrah karena cinta kepada ALLAH dan Rasul-Nya maka hijrahnya akan sampai kepada ALLAH dan Rasul-Nya. barangsiapa yang hijrahnya karena menginginkan perkara dunia atau karena wanita yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya (hanya) mendapatkan apa yang dia inginkan.” (HR. Bukhari [Kitab Bad'i al-Wahyi, hadits no. 1, Kitab al-Aiman wa an-Nudzur, hadits no. 6689] dan Muslim [Kitab al-Imarah, hadits no. 1907]).

nah begitu penting dan fundamentalnya niat. karenanya jangan main-main. tetap sertakan ALLAH dalam segala program yang akan kita usung, terutama untuk program yang mulia yang berkaitan dengan peran, fungsi dan tugas manusia di muka bumi ini sebagai kholifah dan pelanjut risalalah Nabi Muhammad saw.

kembali lagi dengan program one day one challenge, semoga niatnya nanti tercapai. upaya real-nya berupa aktivitas baru bisa menjadi inspirasi untuk saya semakin berbenah. adapun jika ada manfaatnya untuk kawan-kawan, itu sejatinya datang dari ALLAH.

well, itu dulu sebagai pembuka. semoga istiqomah yang akan membersamai saya kemudian. aamiin.
sekarang waktunya saya beristirahat. mata ini sudah waktunya dipejamkan menikmati hak-nya, supaya nanti bisa terbangun sahur dan kembali menjalankan ibadah shaum di hari ke-4. insha ALLAH.

wassalam,
bogor, 010714

Tidak ada komentar:

Posting Komentar